Membuat Presentasi Dengan Menggunakan Adobe Flash Player

Sekilas Tentang Flash 

 Flash merupakan software yang memiliki kemampuan menggambar sekaligus 
menganimasikannya, serta mudah dipelajari. Flash tidak hanya digunakan dalam pembuatan 
animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya 
seperti dalam pembuatan game, presentasi, membangun web, animasi pembelajaran, bahkan 
juga dalam pembuatan film. 
 Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi berupa file movie. Movie yang dihasilkan 
dapat berupa grafik atau teks. Grafik yang dimaksud disini adalah grafik yang berbasis vektor, 
sehingga saat diakses melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus. 
Selain itu flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara, video maupun file 
gambar dari aplikasi lain. 

Cara membuat presentasi dengan menggunakan adobe flash player CS3

1. Saat pertama kali anda membuka Flash, anda dapat membuat file Flash dengan memilih         menu 
    File>New. Anda akan ditunjukkan jendela New Document seperti terlihat dalam Gambar

Pilih Flash 
File (ActionScript 3.0) 
Untuk membuat file Flash baru 


2. Setelah anda menekan tombol OK, anda akan mendapat sebuah file Flash baru dengan nama Untitled‐1 dalam jendela dokumen Flash seperti diperlihatkan dalam Gambar


3. Buat layer baru pada Timeline, Untuk menambah layer, klik kanan pada layer kemudian pilih “Insert     layer”.Ganti label/nama layer menjadi : label, latar, tombol,teks,aksi

4. Pembuatan kode dilakukan pada panel Action. Untuk  masuk ke dalam panel Actions, Pilih Layer 1, kemudian  pilih menu WindowÎAction (atau tekan tombol F9), dan ketikkan kode Script berikut dalam panel Actions

5. Import gambar sebagai background

Klik File > Import > Import to Library
Pilih salah satu gambar di hard disk untuk background (misalnya si C:\Windows\Web\Wallpaper)



Gambar akan masuk ke Library.
Pilih/Klik layer Background, lalu drag gambar dari Library ke Stage.
Atur posisi atau ukuran seperlunya


6. Menambahkan teks untuk judul


Klik/pilih layer teks
Klik text tool lalu klik pada bagian atas stage
Tuliskan judul, “Sejarah Komputer”
Atur jenis font, ukuran ataupun posisi seperlunya. Pengaturan teks dilakukan melalui panel Properties.


7. Menambahkan slide ke-2
   Untuk menambahkan slide ke 2, 3 dan seterusnya, maka perlu ditambahkan keyframe     
    pada timeline. 
    Klik kanan pada frame 2 layer navigasi 
    Pilih Insert keyframe/Insert blank keyframe
    Ulangi langkah tersebut pada layer-layer yang lain
   Gantilah background
   Untuk mengganti background, import gambar ke library
   Buat tulisan Klik text tool pada stage, tulis materi, soal, nilai, pembahasan, keluar dan   

   menu


Ubah tulisan menjadi tombol, sleksi tulisan "materi", klik kanan>convert to symbol>ubah nama>button>ok


7. Buat aksi pada tombol materi 
sleksi tombol "materi" tekan tombol f9 atau window>action maka akan muncul jendela action dan ketikkan kode Script berikut dalam panel Actions seperti dalam Gambar


Lakukan hal yang sama pada tulisan-tulisan yang lain pada soal, nilai, pembahasan dan keluar

8. Membuat animasi pada tulisan

Buat tulisan menggunakan text tool, sleksi tulisan tersebut, klik kanan>convert to symbol>ganti nama sesuai keinginan>pilih movie clip>ok
Double klik pada tulisan, pilih scene1 lihat pada gambar yang di lingkari warna merah


klik pada salah satu slide dengan di beri jarak beberapa slide dan jangan lupa tulisan di pindah-pindah, klik kanan>insert key frame>klik kanan>creat motion tween

9 Masuk pada materi "sejarah perkembangan komputer" materi disini menggunakan tombol up dan tombol down.


pada materi di atas menggunakan scroll teks
Langkah pertama Klik teks tools, lalu pada Propertis, pilihlah pada bagian tipe teks menjadi Dynamic Text, dengan perataan Center, Tipe baris menjadi Multiline dan klik tombol Show Border Around Teks.


Klik dan seret di stage untuk membuat sebuah area dynamic teks.
Klik menu window Components (ctrl+f7) untuk menampilkan panel component. Seret komponen ScrollBar ke dalam area Dynamic Teks.

10. Dari materi kita menuju soal


Langkah pertama buatlah teks soal dengan menggunakan text tool.
lalu buat tombol inverse. Fungsi dari tombol adalah agar suatu objek yang telah kita buat dapat dikendalikan melalui tombol, Berikut langkah-langkahnya : 
Buatlah sebuah lingkaran kecil menggunakan Oval Tools di area layar (Stage)
Klik kanan pada objek lingkaran, pilih Convert to Symbol
Pada kotak isian Name : ketik tombol, atur Type menjadi tombol
Pada Registration : Klik bulatan hitam yang tengah. Kemudian OK
Tombol pun sudah selesai dibuat. Sekarang kita akan memanipulasinya
Double klik tombol lingkaran. Setelah Double klik terlihat seperti ini


Keterangan :
Up     : Bentuk tombol normal
Over  : Bentuk tombol saat melewati Mouse
Down: Bentuk tombol saat di klik
Hit     : Area yang merespon Mouse (biasanya digunakan untuk membuat tombol rahasia     
           yang tidak terlihat)
Beri action pada tombol. berikut langkahnya:
tekan F9 atau window>action
lalu ketikan seperti pada gambar 
untuk jawaban yang benar

untuk jawaban yang salah


11.Lanjutt kita ke nilai 

Kita memulai membuat scorenya. Pertama yang anda harus lakukan adalah membuat tulisan yang digunakan untuk menampilkan jumlah score yang telah di dapatkan.Buatlah sebuah dynamic text kosong. Letakkan dynamic text ini di stagePastikan anda masih menyeleksi dynamic text kosong tadi, kemudian tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel propertise. Di panel properties masukkan scoreTampil pada kotak var dan juga mastikan tombol selectable.
Selanjutnya kita akan membuat tulisan yang digunakan menampilkan score pada akhir permainan dan juga tulisan untuk menampilkan komentar kepada pemain sesuai jumlah scorenya.Klik frame 7 Layer 1 agar anda aktif di frame dan layer tersebut. Buatlah sebuah dynamic text kosong. Seleksi dynamic text ini dan pada panel propertise masukkan scoreAkhir di kotak var dan nonaktifkan tombol selectable.



12. Keluar


 Buat tombol "Ya" yang berarti keluar dan "Tidak" yang berarti tida ingin keluar
beri action button pada tombol "Ya" lihat gambar


Dan untuk tombol "Tidak" lihat gambar


Untuk melihat hasil File secara lengkap dapat di download  di link di bawah ini






3 Responses to "Membuat Presentasi Dengan Menggunakan Adobe Flash Player"

  1. keren,, thanks buat infonya gan..

    http://acemaxs86.com/obat-herbal-kanker-hati/

    BalasHapus
  2. nice gan keren, thanks ya infonya sangat membantu

    cbs-bogor.net

    BalasHapus
  3. akses google drive nya tidak bisa dibuka gan

    BalasHapus